Sejarah

Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu lahir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, di mana pada tanggal 20 Mei 1984 ditetapkan sebagai hari berdirinya Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu melalui Surat Keputusan Pengurus Yayasan Semarak Bengkulu Nomor 1 Tahun 1984.

Seiring lahirnya Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu pada tahun 1984, lahirlah pula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan program studinya Ilmu Administrasi Negara. Selanjutnya di tahun berikutnya lahir program studi Ilmu Administrasi Niaga, maka kedua program studi tersebut berada di bawah Jurusan Ilmu Administrasi. Namun program studi Ilmu Administrasi Niaga tidak dapat bertahan lama, dimana pada era 90’an Fakultas Ilmu Ekonomi membuka program studi Ilmu Manajemen dan lebih diminati oleh masyarakat karena ilmu tersebut banyak menyerap tenaga kerja.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu pertama kali berdiri dipimpin oleh Dr. Rohadi, selanjutnya pernah dipimpin oleh beberapa nama, seperti Dr. Drs. Adi Sutojo, M.Si, Drs. Muhammad Rozali, Drs. Mulyadi, M.Si dan saat ini dipimpin oleh Dekan perempuan pertama yang memimpin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu yaitu Dra. Harmiati, M.Si.

Komitmen untuk membangun lembaga terlihat dari 3 tahun terakhir ini, di mana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu sedang mempersiapkan program studi lanjutan yaitu Magister Ilmu Administrasi. Diharapkan lahirnya program lanjutan ini, mahasiswa dapat terus mengembangkan keilmuannya melalui studi lanjut yang tidak perlu untuk masuk pada perguruan lain. Proyeksi di awal tahun 2017 Magister Ilmu Administrasi dapat segera menyelenggarakan proses pendidikannya. Pada tahun 2015 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu menjalin kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dengan berdirinya Pusat Studi ASEAN. Adapun Pusat Studi ASEAN di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu merupakan satu dari dua Pusat Studi ASEAN yang mewakili Pulau Sumatera setelah Universitas Andalas di Padang Sumatera Barat.